About Me

Foto saya
Welcome to my blog everyone ♥ I'm a floccinaucinihilipilification But, there's the story began, and being real was me at all

Selasa, 24 Januari 2017

HUKUM DAN PRANATA PEMBANGUNAN : TUGAS IV - Menganalisis Keadaan Suatu Daerah Di Perkotaan

Hasil Analisis Daerah Metropolitan
Wisata Kota Tua, Jakarta Utara, Indonesia

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
            Kali ini saya ingin mengimplementasikan hasil analisis daerah yang saya lakukan di kawasan Wisata Kota Tua Jakarta.

Kawasan Wisata Kota Tua sudah bukanlah kawasan yang jarang didengar di telinga masyarakat Jakarta. Bahkan mungkin ini merupakan kawasan yang penuh dengan sejarah Indonesia selama 3,5 abad yang dijajah pada zaman colonial Belanda. Tidak hanya jajahan para colonial Belanda, namun Indonesia pernah dijajah oleh Jepang selama 3,5 tahun lamanya
Beberapa tahun silam, kawasan wisata kota tua merupakan kawasan yang penuh dengan sampah yang berserakan, pengamen liar, dan kurangnya pengawasan ketat dari penjagaan Satuan Pol PP, dan Dinas Kebersihan dari PEMDA DKI Jakarta. Sehingga, untuk mengontrol kebersihan dan keamanan di kawasan tersebut cukup sulit. Oleh karena lahan yang dicakup lumayan besar dan berisi lingkungan museum-museum yang terkenal di Jakarta seperti, Museum Fatahillah, Museum Keramik, Museum Wayang, dsb.
                       
Gambar diambil tanggal 24 Januari 2017
Akan tetapi dalam beberapa bulan belakangan ini, kawasan ini sedang berada dalam pengawasan pihak Satuan Polisi Pamong Praja atas perintah PEMDA DKI Jakarta. Alasan diadakan hal tersebut adalah karena dalam beberapa bulan ke depan akan diakankan pemilihan Cagub dan Cawagub DKI Jakarta, dan demi kelancaran aktivitas warga Jakarta nantinya.
            Bisa kita lihat sendiri dengan adanya hal tersebut, aktivitas pengunjung dapat dikendalikan saat beriwisata di Kota Tua. Tidak ada sampah-sampah yang dibuang di sembarang tempat, juga keamanan cukup terjamin.
            
Gambar diambil tanggal 24 Januari 2017
            Hanya saja, kawasan ini sekarang kurang kurang dengan tumbuhan hijau yang rindang. Sehingga, apabila kemarau datang, maka cahaya yang memasuki kawasan akan sangat terik. Dan hanya di bagian kawasan tertentu saja yang dapat dijadikan tempat berteduh apabila matahar yang muncul dapat menusuk kulit.

           
Gambar diambil tanggal 24 Januari 2017
                        
            Apalagi dengan kemacetan yang melingkupi daerah sekitar wisata Kota Tua. Ini sangat sering dialami di setiap kota, saat berangkat kantor dan pulang jam kerja selalu menghampiri yang namanya kemacetan. Jadi, cukup sulit untuk menertibkan kendaraan yang melewati jalan sekitae wisata Kota Tua.
            Pada dua gambar tersebut, kita bisa lihat ada dua bangunan yang berdiri tegak hanya agak terlihat sudah using, dan kurang layak untuk dipertahankan. Mungkin factor penyebabnya adalah kurangnya pemasukan dari wiastawan yang berkunjung sepertinya. Alangkah lebih baik, apabila bangunan tersebut difungsikan sebagai tempat untuk area traditional food selling. Jadi, bangunan mempunyai multifungsi. Tidak hanya membuat pengunjung berdatang untuk mencari makan, tetapi juga mengurangi kemacetan di pedestrian sekitar kawasan Kota Tua.
            Semoga blog saya hari ini bermanfaat dan dapat direspon dengan baik oleh warga Jakarta yang membaca blog saya hari ini. Terimakasih :)

 Wassalamua’laikum Wr. Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar